Rabu, 05 Oktober 2016

Changi Airport International Singapore Bandara Terbaik di Asia Tenggara

Jika anda pernah ke Singapore, pasti tidak akan asing dengan Bandar udara terkenal dan utama di negeri Sianga Laut ini. Ya benar, itulah Bandara Changi atau dalam bahasa internasionalnya disebut Changi Airport International Singapore. Changi Airport merupakan bandara di Asia dengan jadwal terbang tersibuk didunia, tak lain dan tak bukan, tujuan orang-orang datang ke negeri ini adalah untuk berwisata dan berbisnis. Tentu saja bandara ini memiliki sejarah baik maupun buruk, mau tau lebih lanjut ?

Hall Changi Airport
Hall Bandar Udara Changi 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Singapore Changi Airport atau Bandara Internasional Changi merupakan bandara utama di Singapura. Sebuah pusat penerbangan utama di Asia Tenggara, berlokasi 17,2 km (10,7 mil) timur laut  dari pusat komersial di Changi dengan luas 13 kilometer persegi (3.200 hektar).
Bandara, dioperasikan oleh Changi Airport Group yang merupakan home base Singapore Airlines, Singapore Airlines Cargo, SilkAir, AirAsia, Scoot, Tiger Airways, Jetstar Asia Airways, dan Valuair. Pada Mei 2013, Bandara Changi melayani lebih dari 100 maskapai penerbangan yang beroperasi dengan 6.400 penerbangan mingguan yang menghubungkan Singapura ke lebih dari 250 kota di sekitar dan 60 negara di seluruh dunia. Sampai 30 Maret 2013, bandara menjadi penghubung sekunder sekunder Qantas, yang digunakan Singapura sebagai titik persinggahan utama bagi penerbangan dari Kangaroo Route antara Australia dan Eropa. Qantas adalah maskapai penerbangan asing terbesar, dengan lebih dari dua juta penumpang per tahun. Changi Airport Terminal penting bagi perekonomian Singapura, lebih dari 28.000 orang bekerja di bandara, yang menyumbang lebih dari S $ 4,5 miliar pendapatan.
Bandara Changi Airport International Singapore memiliki tiga terminal penumpang dengan total kapasitas tahunan 66 juta penumpang. Terminal 1 dibuka pada tahun 1981, diikuti oleh Terminal 2 pada tahun 1990 dan Terminal 3 pada tahun 2008. Terminal 4 juga sedang dalam proses pengerjaan. Dananya mulai di garap pada 26 Maret 2006 dan berakhir pada 25 September 2012. Rencana terminal 4 changi akan selesai pada tahun 2017.

Terminal 1 Changi Airport International Singapore
Terminal 1 Changi Airport International Singapore
Pada 2013, bandara menangani 53.100.000 penumpang, meningkat 5% dibanding tahun sebelumnya. Hal ini menjadikan changi airport terminal menjadi bandara tersibuk kelima dengan lalu lintas penumpang internasional di dunia dan tersibuk kedua di Asia dengan lalu lintas penumpang internasional pada tahun 2012. Bandara ini mencatat hingga 4.920.000 penumpang di tahun 2012, pertumbuhan dari 8,6% tahun-ke-tahun. Pernah terjadi kejadian dimana catatan harian Changi rusak sehingga membuat 191.800 penumpang mengalami delay 24 jam pada tanggal 21 Desember 2013, hari Sabtu sebelum Hari Natal. Kejadian tersebut merupakan catatan terburuk terminal udara changi ini. Selain menjadi bandara penumpang, bandara changi juga mendapat tittle bandara kargo tersibuk di dunia dengan penanganan 1,85 juta ton kargo pada tahun 2013.

Taman Kupu-Kupu di Changi Airport
Taman Kupu-Kupu di Changi Airport
Bandara ini telah memenangkan lebih dari 430 penghargaan sejak tahun 1981, termasuk 30 penghargaan kategori 'Best' 2012. Karena usianya yang sudah tua, Changi Airport sering meng-upgrade fisik berkala fasilitas terminal yang ada. Changi Airport International Singapore  saat ini memiliki tiga terminal, T1, T2, dan T3, dengan total kapasitas penanganan tahunan 66 juta. Terminal 1, 2, dan 3 secara langsung terhubung melalui Monorail People Mover System, dengan penumpang bisa bebas bergerak di antara terminal tanpa melalui imigrasi. Transportasi dalam dan di antara tiga terminal juga disediakan oleh orang-orang penggerak dan sistem skytrain, meskipun anda juga dapat berjalan kaki antara terminal.

Taman Bunga di Terminal 2 Singapura Changi Airport
Taman Bunga di Terminal 2 Singapura Changi Airport
Beberapa fasilitas yang dapat anda temukan di Changi Airport antara lain adalah restaurant, free akses internet, spa ikan, beer garden (kaktus garden), snooze lounge dan foot message atau tempat istirahat sebentar dan pijat kaki, taman kupu-kupu yang indah, kolam renang untuk olah raga sambil menenangkan diri, giant slide, social tree, shopping atau berbelanja, baby care room yang merupakan ruangan tempat perawatan bayi atau jika istri anda ingin menyusui, area gym, tempat ibadah, transit hotel, tv lounge, dan banyak lagi. Terlalu banyak fasilitas mewah di bandara kelas Internasional ini yang siap memanjakan pengunjungnya. Tentu saja tujuan dari banyaknya fasilitas di Changi Airport International Singapore ini agar pengunjung tidak merasa jenuh menunggu giliran keberangkatan mereka.
   



Tidak ada komentar:

Posting Komentar